Thursday, September 8, 2011

Kenaikan Yesus Tanda Awal Maranata

By: yan


Dengan kenaikan-Nya ke surga, Yesus tidak dapat terlihat lagi. Meskipun demikian, kenaikkan-Nya ini justru memungkinkan-Nya lebih banyak lagi menyertai kita semua. Keniakan-Nya bukan tanda akhir dari segalanya.

Para murid memandang ke langit sambil ternganga. Awan-awan menyelimuti Yesus dari pandangan mereka. Apa arti dari semua peristiwa ini? Dua orang laki-laki berpakian putih-putih tiba-tiba berdiri di tengah-tengah para murid. Siapakah mereka? Para murid pun segera mengerti: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.” (Kis 1,11)

Di atas awan gemawan
Kemunculan para mailakat di tengah-tengah para murid bertugas untuk mengingatkan para murid dari apa yang Yesus pernah sabdakan: Jika akhir zaman tiba dan semua kekuatan langit berguncang maka “… orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya” (Luk 21, 27). Tanda-tanda kedatangan-Nya kembali ini merupakan reaksi global yang sangat mengesankan.

Temporer di Sorga
Di dalam sebuah kothbah, Petrus menegaskan, bahwa Tuhan mau mengampuni bangsa Yahudi: “Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan, agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus. Kristus itu harus harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan para nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dulu” (Kis 3, 19-21).

Inklusif
Yesus ditinggikan dan ditahtakan di sisi kanan Bapa – seperti yang Ia pernah wahyukan kepada para murid: “… kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi” (Mat 28,18). Allah ingin menyatukan semua di dalam Yesus Kristus – baik di sorga maupun di bumi (Ef 1,10). Ia akan memenuhi dan memunculkan kekuasaan-Nya agar terjadi baik di sorga maupun di atas bumi – serperti di dalam doa orang Kristen: “Datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di dalam sorga”.

Yesus hadir di dalam Roh Kudus
Di atas bumi akan segera terjadi sesuatu. Para murid hendaknya kembali ke Yerusalem dan menantikan kedatangan Roh Kudus di sana. Roh Kudus akan datang di atas mereka untuk mengajar dan menuntun mereka. Para murid akan ditunjukkan oleh Roh Kudus, apa yang Tuhan inginkan agar para murid lakukan (Luk 24, 49; Yoh 14, 26). Dengan Roh Kudus, para murid dinyakinkan, bahwa Yesus tidak akan menginggalkan mereka (Yoh 14, 18).

Di dalam Roh Kudus, Yesus akan selalu menyertai umat-Nya. Melalui Roh Kudus, kedatangan-Nya kembali akan dimulai. Dan tidak lama lagi, kita akan merayakan kedatangan Roh Kudus dalam perayaan Pantekosta.

0 comments:

Post a Comment