Saturday, September 10, 2011

PEMAHAMAN KESUKSESAN

By: DR. Jakoep Ezra, CBA, CPC

Tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. (Mazmur 1 : 2-3)

Kita semua pasti punya mimpi untuk mencapai kesuksesan. Dalam karier, seorang manajer tentu ingin sukses. Tak beda dengan seorang wiraswasta, pengusaha besar, menengah, pedagang kaki lima, bahkan ibu-ibu rumahtangga. Semua ingin sukses. Tak ketinggalan pula anak-anak sekolah. Tapi hati-hati, jangan sampai kita keliru!

Success is….
1. Bukan Sekadar Kaya
Punya rumah seperti istana, mobil mewah, fasilitas lux, bisa berbelanja dan pesiar sesuka hati. Mau? Sering sekali sukses diukur dengan kekayaan dan benda materi. Tapi mari renungkan, apalah arti semua itu jika kita sakit-sakitan, kehilangan keluarga, iman atau nilai-nilai hidup?

2. Sulit
Coba perhatikan seekor kupu-kupu. Dari ulat yang jelek ia membentuk kepompong, lalu harus berjuang keras untuk keluar dari selubung itu dan menjadi kupu-kupu yang dapat terbang dengan sayap lebar dan cantik. Mau mempermudah? Guntinglah kepompongnya, maka ia menjadi monster kecil tak berdaya dengan sayap lisut dan kepala besar, sebentar lagi ia pasti mati.

Ketahuilah, ada harga untuk kesuksesan. Temukan prosesnya dan jangan hanya melihat hasil.

3. Bukan Lantaran Untung
Ada pemuda berusia 30 tahun di Inggris berhasil mengumpulkan uang £ 1 juta, namun ia tetap ikut di kelas manajemen. Mengapa ? Ia menjawab dengan ringan, “Saya belajar untuk mengetahui mengapa saya bisa begitu sukses?-”. Kesuksesan memang bukan sekadar keberuntungan kebetulan, tapi lahir dari perencanaan dan tindakan, hingga bisa dipertahankan, diulangi dan ditingkatkan. Jika tidak, maka kesuksesan bisa terbang dan lenyap begitu saja.

So, what is the key to success?
Kesuksesan adalah milik kita, karena kita memiliki benihnya. Kita masing-masing mempunyai potensi dan bakat secara unik, secara pribadi. Itulah talenta. Ada yang diberi lima talenta, ada yang dua dan ada yang satu talenta. Tak seorang pun yang tidak punya, semua pasti punya talenta.

Mari temukan talenta kita, potensi kita, jika dimaksimalkan, dilatih dan dikembangkan maka kita mendapatkan manfaatnya. Dan jika secara tekun kita melaksanakan kebenaran dengan cara benar, bersedia mengambil risiko dan tidak ogah-ogahan dalam bekerja, kita akan memetik buah keberhasilan.

Jika kita memiliki motivasi yang tulus, pandangan yang positif dan selalu ingin belajar, kita dapat menikmati semua yang telah dikerjakan dengan hati bersyukur. Berterima kasih untuk setiap anugerah Tuhan, atas kebaikan orang-orang di sekitar kita dan semua peristiwa yang dialami dalam hidup ini, menyenangkan ataupun kurang menyenangkan.

Understanding your success
Kesuksesan tidak memiliki ukuran yang sama bagi setiap orang, karena bakat dan potensi setiap orang berbeda. Jangan berusaha menjiplak kesuksesan orang lain. Tapi sukses ialah bagaimana menjalani hidup dengan menjadi diri sendiri. Berfungsi dan melakukan yang terbaik sesuai ukuran potensi pribadi masing-masing.

Dengan apa yang dapat diraih, ditekuni dan dikembangkan, baik bagi diri sendiri juga bagi orang lain. Kesuksesan adalah kemampuan untuk menjadikan segala sesuatu menjadi jauh lebih baik, yang berwujud keseimbangan utuh dari seluruh aspek kehidupan kita.

Sumber: Majalah Bahana, November 2009

0 comments:

Post a Comment