Thursday, September 8, 2011

Roh Kebijaksanaan

By: yan


Biasanya, orang akan mempersiapkan diri untuk menghadapi moment penting. Hari Pentakosta merupakan sebuah pesta penting, sebuah moment penting. Banyak orang Kristen mulai berdoa memohon ke-7 karunia Roh Kudus. Angka 7 adalah sebuah angka kompleks, karena angka tersebut tidak memaksudkan sebuah bilangan konkret, melainkan kepenuhan akhir. Tujuh mengungkapkan kepenuhan. Jika Roh Kudus menjanjikan 7 karunia maka hendaknya itu terjadi, bahwa Ia mengaruniakan ketuju karunia tersebut kepada manusia, yang memohon-Nya, di dalam kebesaran-Nya.

Salah satu dari karunia Roh Kudus adalah kebijaksanaan. Ada apa dibalik hal itu? Ketika saya sedang membaca koran hari ini, saya sering menemukan berita-berita yang tidak pernah lepas dari tema-tema krisis ekonomi. Tema tersebut sering menjadi headline di banyak koran, yang seolah-olah merupakan hal yang paling pokok bagi kehidupan manusia.

Hidup itu lebih
Karunia kebijaksanaan dapat menolong saya untuk memperoleh sebuah pandangan baru di sini. Tentu saja, saya pasti membutuhkan uang, seperti orang-orang pada umumnya. Saya bergantung pada pekerjaan saya, dan itu berarti pula dengan fungsi-fungsi perekonomian. Akan tetapi, hidup adalah lebih dari pada sekedar “konsum” dan “kesuksesan”.

Ada yang lebih besar dalam kehidupan ini yang tidak dapat diukur dengan uang. Persahabatan dan pengakuan tidak dapat saya beli. Pengampunan dan cinta adalah sebuah hadiah bagi saya. Sebuah hadiah yang jelah tidak dapat saya ukur dengan skala ratio. Saya bersyukur, bahwa ada manusia-manusia yang membuat hidupku menjadi kaya melalui karunia semacam ini. Dan saya bahagia, jika saya dapat menghadiahkan karunia ini kepada yang lain

Jika di dalam setiap krisis tersembunyi sebuah kesempatan maka saat ini saya akan berusaha menemukan hal baru, apa yang sesungguhnya paling berharga dalam hidupku.

0 comments:

Post a Comment