Thursday, September 8, 2011

Menutup Sebuah Presentasi - A Powerfull, Convincing, and Entertaining Presentation (2)

By: James Gwee T.H., MBA /ny20

Menutup presentasi dengan baik adalah hal yang sangat penting. Kesan terakhir yang diingat oleh peserta tergantung sepenuhnya pada bagaimana Anda menutupnya.

Pada edisi sebelumnya, kita telah membahas alasan-alasan mengapa orang merasa gugup sebelum dan setelah beberapa menit di awal penyampaian presentasi. Kabar baiknya adalah jika Anda telah mempersiapkan sebuah presentasi dengan matang, perasaan tersebut lambat laun akan hilang ketika Anda melanjutkan presentasi. Pada akhirnya, Anda akan sangat mendalami presentasi Anda sehingga akan melupakan kegugupan Anda.

Kita telah membahas cara-cara penyampaian pembukaan yang kuat dan meyakinkan, penyampaian presentasi yang menarik, dan sebagainya. Namun, banyak presentasi yang hebat gagal menyampaikan penutup yang menawan karena si presenter tidak mengetahui waktu dan cara untuk menutup presentasinya! Sungguh usaha yang terbuang percuma!

Jadi, kali ini saya akan menyediakan beberapa tips bagaimana MENUTUP sebuah presentasi dan meninggalkan pemirsa dengan pengaruh yang kuat.

Pertama-tama, ingatlah ini:
“Tinggalkan mereka dalam kegembiraan; Tinggalkan mereka menangis; Tinggalkan mereka dengan harapan; Tetapi mohon, jangan hanya meninggalkan mereka!”
Cara orang meninggalkan presentasi Anda atau kesan terakhir mereka tentang presentasi Anda (entah presentasi Anda tadi baik atau buruk) tergantung sepenuhnya pada bagaimana Anda MENUTUP presentasi Anda. Maka, penutup yang baik dan kuat tidak sekadar diinginkan, tetapi sangat dibutuhkan! Sangat menyedihkan saat orang menghabiskan banyak waktu dan usaha menekankan isi dari presentasi, tetapi lupa untuk mempersiapkan penutup yang baik.

Bagaimana menutup presentasi yang mengesankan? Berikut ada beberapa saran:
1. Sampaikan kepada mereka hal yang telah Anda presentasikan.
Hal yang paling sering namun efektif mengakhiri presentasi Anda adalah memberi sebuah kesimpulan tentang semua hal yang telah Anda sampaikan kepada mereka.

2. Sebuah kutipan
“Bapak, Ibu, dan saudara sekalian,
orang tidak akan peduli dengan seberapa besar pengetahuan Anda sebelum mereka mengetahui bahwa Anda peduli. Jadikan kami mitra bisnis Anda... Karena kami peduli atas keberhasilan Anda. Terima kasih!”

Atau, “Jadi, akhir kata, seorang pesimis melihat setiap kesempatan sebagai sebuah masalah, seorang optimis melihat setiap masalah sebagai sebuah kesempatan. Dari kedua sifat ini, Anda jenis yang mana? Terima kasih!”

Mengakhiri presentasi Anda dengan sebuah kutipan adalah cara yang keren/bergaya. Jika Anda tidak banyak tahu mengenai kutipan-kutipan yang hebat, banyak buku di Indonesia mengenai topik ini, Book of Quotes, dll. Silakan Anda periksa di toko buku terdekat. Ini akan menjadi investasi terbaik yang tidak akan Anda sesalkan!

3. Memberi stimulus kepada pemirsa Anda agar bertindak.
“Bapak, Ibu dan saudara sekalian, saya ingin Anda semua mengeluarkan handphone Anda masing-masing... semuanya... berikutnya tolong Anda ketik nama Anda dan nama perusahaan Anda. Ya, segera dilaksanakan.. saya akan tunggu. Kemudian tolong SMS tersebut dikirim ke nomor 0816... Terima kasih!

4. Menonton video/klip.
Ini merupakan cara hebat untuk menutup presentasi Anda dengan menayangkan video yang berkaitan dengan topik Anda. Maka dari itu, pilihan Anda sangat menentukan.

5. Menyanyikan lagu bersama-sama.
Ini juga merupakan cara yang efektif. Anda yaitu dapat memutarkan sebuah lagu yang POPULER, menampilkan liriknya, dan mengajak pemirsa untuk menyanyikannya bersama.

6. Untuk mengakhiri presentasi saya ...
“Terima kasih!”.

Sumber: Majalah Bahana, Agustus 2009

0 comments:

Post a Comment