Thursday, September 8, 2011

Buat pekerjaan Anda menyenangkan

By: James Gwee T.H., MBA

Kita menghabiskan 60% waktu hidup kita untuk bekerja. Jadi jika Anda tidak menikmati kesenangan di tempat kerja, Anda menyia-nyiakan 60% waktu hidup Anda!!

Sungguh menyedihkan bahwa sebagian besar orang bekerja keras, tetapi mereka sebenarnya benci pergi ke tempat kerja. Mungkin mereka menikmati pekerjaan mereka, tetapi tidak menikmati hubungan dengan rekan-rekan kerja, atasan dan/atau bawahan mereka. Atau mungkin mereka memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja, tapi pekerjaan mereka sangat tidak menyenangkan. Atau target dan tanggung jawab menjadi terlalu berat dan tekanan membuat pekerjaan yang dulunya menyenangkan sekarang membuat mereka frusrasi..

Oleh sebab itu, penting untuk membuat pekerjaan Anda menyenangkan. Bagaimana caranya?

1. Hal terpenting adalah mengerjakan pekerjaan yang Anda nikmati.
Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan. Carilah pekerjaan yang memungkinkan Anda menggunakan kekuatan Anda dan dapat menjalankannya dengan lebih baik. Dengan demikian, Anda akan merasa senang karena pekerjaan itu menjadi berkat bagi Anda. Ada ungkapan “Jika Anda menikmati apa yang Anda lakukan, Anda tidak perlu bekerja satu hari pun dalam kehidupan Anda!” Inilah salah satu alasan keberhasilan saya.

Saya menikmati pekerjaan saya sebagai trainer dan pembicara seminar. Ketika saya mendapatkan kesenangan dari apa yang saya lakukan, para peserta juga merasakan hal yang sama. Kami semua menikmati aktivitas tersebut. Dan, karena para peserta sangat menikmati pelatihan dan seminar saya, mereka mengundang saya lagi.

Jadi, apakah Anda menikmati pekerjaan Anda? Jika tidak, untuk kepentingan Anda dan orang lain yang berinteraksi dengan Anda, ubahlah pekerjaan Anda! Karena jika Anda tidak merasa gembira ketika menjalankan pekerjaan Anda, Anda akan menghabiskan 60% waktu hidup Anda tanpa kegembiraan, Pekerjaan menjadi beban dan melelahkan.

Stres yang Anda alami akan membuat Anda tidak gembira. Hal ini akan memengaruhi siapa saja yang berinteraksi dengan Anda—rekan-rekan kerja, bawahan dan yang paling buruk, keluarga Anda! Dan, akan membuat Anda menderita berbagai macam gangguan kesehatan.

2. Ciptakan kegembiraan, humor dan gelak tawa di kantor.
Riset membuktikan bahwa humor dan gelak tawa meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan spiritual karyawan secara keseluruhan.

Humor dan lingkungan kerja yang menyenangkan dan penuh kegembiraan begitu penting. Hal itu seharusnya menjadi bagian tugas dari departemen pengembangan sumber daya manusia (Human Resource/HR). Oleh sebab itu istilah lain untuk “Human Resource” adalah “Humor Resource”!

Beberapa manfaat ketika kita menganggap Departemen Humor Resource (HR) sebagai bagian penting dari perusahaan Anda:

Tawa adalah obat terbaik. Kurangnya kegembiraan di tempat kerja sering menimbulkan masalah, seperti meningkatnya tekanan pekerjaan dan masalah kesehatan karyawan, lebih banyak karyawan yang tidak puas dan unjuk kerja menjadi buruk.
Humor membuat suasana kerja jadi penuh gairah. Tentu kita harus menjalankan pekerjaan dengan serius. Namun, ada dua cara kita menjalani pekerjaan, yaitu dengan perasaan gembira atau tidak gembira.

Karyawan yang gembira mampu menangani pelanggan dengan lebih baik.
Kegembiraan mengembangkan sikap kerja positif sehingga karyawan membuat lebih sedikit kesalahan dan akan melakukan tugasnya melebihi yang diharapkan.
Humor Resource meningkatkan kepuasan kerja dan loyalitas.

Kegembiraan meningkatkan hubungan kerja antar rekan kerja. Humor membuat kita lebih mudah menyelesaikan konflik yang biasa terjadi antardepartemen.
Kegembiraan memperlancar kerja tim yang lebih baik.

Humor Resource memungkinkan terciptanya lingkungan kerja yang kreatif dan inovatif. Hanya ketika orang merasa gembira mereka termotivasi untuk berpikir melampaui situasi kerja dan berusaha memikirkan cara-cara kreatif dan inovatif untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

Secara ringkas, penting untuk memahami bahwa humor, gelak tawa, dan kegembiraan bukanlah hanya untuk membuat kita senang. Fakta menunjukkan bahwa suasana kerja yang penuh kegembiraan berpengaruh baik pada bisnis. Oleh sebab itu jika suasana di tempat kerja Anda tidak dipenuhi kegembiraan, sangat mungkin perusahaan Anda akan mengalami kerugian finansial yang lebih besar daripada yang dianggap normal.
Jadi, sekaranglah waktunya bagi Anda untuk memandang perlunya suasana kerja yang penuh kegembiraan.

0 comments:

Post a Comment