Thursday, September 8, 2011

Aman Sejahtera

By: bud

Semua orang di muka bumi ini pasti menginginkan rasa aman. Resah dan gelisah tidak akan mengacaukan mereka. Salah satu kunci rasa aman dapat diperoleh ketika kita mendengarkan hikmat Tuhan. Mereka yang mendengarkannya akan terlindungi dari dahsyatnya malapetaka (Ams. 1:33), akan berbahagia, memperoleh kepandaian, panjang umur, lanjut usia, dan damai sejahtera jika tidak melupakan tetapi memelihara ajaran dan perintah-Nya (Ams. 3:1,2,13,18). Melalui gambaran ini, setidaknya kita mendapat penjelasan tentang orang yang mendapat dan memperoleh hikmat Tuhan.

Namun sayang, orang yang menolak dan tidak menghiraukan akan ditertawakan dan diolok-olok jika ditimpa malapetaka, kesukaran, dan kecemasan. Meski mereka berseru dan mencari-Nya, mereka tidak mendapatkan apa pun. Namun bukan salah Tuhan jika Dia menyembunyikan diri terhadap mereka. Kunci masalahnya bukan pada Tuhan melainkan karena orang itu tidak takut Tuhan, menolak nasihat, dan teguran-Nya (Ams. 1:25-31). Jika terjadi, itu karena upah dari ulah mereka.

Dengan uraian di atas, Anda mendapat gambaran bahwa ada kontradiksi kehidupan dari orang yang mendengarkan dan menolak hikmat Tuhan. Ternyata, pilihan menentukan jalan hidup seseorang.

Jika gambaran sudah dipaparkan, sebenarnya kita sudah mengetahui pilihan mana yang harus dipilih. Namun tidak berhenti hanya sampai di situ saja. Kita harus mewaspadai bahwa ada bahaya godaan dunia yang mengguncang iman seseorang. Godaan yang membuat manusia memanjakan daging, mata, termasuk keangkuhan hidup (1 Yoh. 2:16). Pesona dunia yang menyilaukan dapat membuat orang menolak didikan Tuhan. Pesona dunia merupakan kekuatan internal yang berasal dari dosa. Namun jika orang menghindarinya, orang akan memperhatikan hikmat-Nya. Kekuatan ini tidak bisa dihadapi dengan kekuatan sendiri tetapi harus dengan kuasa Roh Kudus. Akar dari semua pilihan adalah apakah manusia memilih Roh Kudus atau pesona dunia. Mengapa? Karena, keduanya merupakan kekuatan internal yang memengaruhi seseorang untuk memiih. Jika pesona dunia yang dipilih, hidupnya tidak pernah aman. Untuk itu, pilihlah Roh Kudus!

Sumber: Renungan Malam, Juli 2009

0 comments:

Post a Comment